Selasa, 23 April 2019

Kerjasama Dalam Team


Kerjasama Dalam  Satu Team
Kerjasama dalam satu team pekerjaan yang dikerjakan dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan yang sama. Kerja sama dalam sebuah team dapat meningkatkan keberhasilan suatu pekerjaan. Dalam kerja sama team harus menghilangkan ego pribadi atau kepentingan pribadi untuk tujuan Bersama.Dalam pengalaman saya sendiri kerjasama dalam satu team itu sangat lah penting untuk menyelesaikan tugas yang sudah diberikan kepada kelompok tersebut. Dalam kerjasama team kita tidak boleh memakai ego sendiri-sendiri itu akan menyulitkan pada pekerjaan yang akan dikerjakan. Dan kita bagi-bagi tugas yang sudah kita rencanakan sebelum mengerjakan tugas tersebut, agar tidak ada yang tidak dapat pembagian dalam tugas tersebut.
Contoh dari kerjasama dalam pengalaman saya, dulu waktu SMP untuk mendapatkan nilai tataboga kita dibagi kelompok dimana setiap kelompok mendapatkan tugas yang berbeda. Dikelompok saya mendapatkan membuat sayur asem, ayam goreng, dan sambal. Disini kita membagi-bagi tugas untuk membeli perlengkapan dan membawa peralatan yang akan diperlukan dalam penilaian tersebut. Pada hari penilaian kita masak disekolah disini lah kerjasama satu team itu dilakukan, dimana kita saling membantu dalam team kita yang sedang mendapatkan kesulitan, agar kita bisa saling interaksi terhadap anggota team kita.
Setelah selesai semua nya kita hidangkan untuk dicoba oleh guru yang akan menilai hasil dari kerjasama membuat masakan tersebut. Guru tesebut  mencicipin masakan kelompok saya dan memberi nilai pada daftar nilai. Disitu kelompok saya merasa puas karena hasil masakan tersebut sudah sesuai apa yang kita inginkan pada berdiskusi sebelum mengerjakannya. Setelah guru menilai semua kita oleh merasakan masakan kita yang sudah kita masak tadi. Kita saling merasakan masakan dari kelompok lain agar kita bisa merasakan masakan kelompok lain. Dari situ kerjasama itu dibutuhkan, kalau tidak ada kerjasama kita tidak bisa berbuat apa-apa. Dan kita didunia ini tidak bisa hidup sendiri karena kita membutuhkan orang lain.
kerjasama tim merupakan bentuk kerja kelompok dengan keterampilan yang saling melengkapi serta berkomitmen untuk mencapai target yang sudah disepakati sebelumnya untuk mencapai tujuan bersama secara efektif dan efisien. Harus disadari bahwa teamwork merupakan peleburan berbagai pribadi yang menjadi satu pribadi untuk mencapai tujuan bersama. Tujuan tersebut bukanlah tujuan pribadi, bukan tujuan ketua tim, bukan pula tujuan dari pribadi yang paling populer di tim.
Dalam sebuah tim yang dibutuhkan adalah kemauan untuk saling bergandeng-tangan menyelesaikan pekerjaan. Bisa jadi satu orang tidak menyelesaikan pekerjaan atau tidak ahli dalam pekerjaan A, namun dapat dikerjakan oleh anggota tim lainnya. Inilah yang dimaksudkan dengan kerja tim, beban dibagi untuk satu tujuan bersama.
Saling mengerti dan mendukung satu sama lain merupakan kunci kesuksesan dari teamwork. Jangan pernah mengabaikan pengertian dan dukungan ini. Meskipun terjadi perselisihan antar pribadi, namun dalam tim harus segera menyingkirkannya terlebih dahulu. Bila tidak kehidupan dalam tim jelas akan terganggu, bahkan dalam satu tim bisa jadi berasal dari latar belakang divisi yang berbeda yang terkadang menyimpan pula perselisihan. Oleh karena itu, penting untuk menyadari bahwa kebersamaan sebagai anggota tim di atas segalanya.
Keakraban tim yang sukses biasanya ditandai dengan sikap akrab satu sama lain, setia kawan, dan merasa senasib sepenanggungan. Para anggota tim saling menyukai dan berusaha keras untuk mengembangankan dan memelihara hubungan interpersonal. Hubungan interpersonal menjadi sangat penting karena hal ini akan merupakan dasar terciptanya keterbukaan dan komunikasi langsung serta dukungan antara sesama anggota team.
Teamwork merupakan sarana yang sangat baik dalam menggabungkan berbagai talenta dan dapat memberikan solusi inovatif suatu pendekatan yang mapan, selain itu ketrampilan dan pengetahuan yang beranekaragam yang dimiliki oleh anggota kelompok juga merupakan nilai tambah yang membuat teamwork lebih menguntungkan jika dibandingkan seorang individu yang brilian sekalipun.
Teamwork dapat didefinisikan sebagai kumpulan individu yang bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan. Kumpulan individu-individu tersebut memiliki aturan dan mekanisme kerja yang jelas serta saling tergantung antara satu dengan yang lain. Oleh karena itu sekumpulan orang yang bekerja dalam satu ruangan, bahkan didalam satu proyek, belum tentu merupakan sebuah teamwork.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar